Tanda2 dan Gejala Penyakit Jantung

By | March 13, 2018

Penyakit jantung masih menduduki peringkat pertama sebagai penyakit yang mematikan. Menurut data Federasi Jantung Dunia, pada tahun 2014 telah ditemukan lebih dari 1 juta kasus penyakit jantung di kawasan Asia Tenggara. Pada awalnya mungkin penyakit berbahaya ini belum terlalu tampak. Terkadang penderita hanya sekedar merasakan nyeri di dada. Namun jika hal ini dibiarkan ada indikasi mengarah ke penyakit jantung koroner. Penyakit jantung umumya disebabkan oleh penyempitan pembuluh arteri karena adanya plak yang menumpuk. Selain itu juga bisa disebabkan oleh sel-sel jantung yang mati. Kedua hal tersebut dapat menghambat pasokan darah yang kaya akan oksigen ke jantung.

Penyakit jantung bisa sangat mengganggu jika kondisinya sudah parah. Dan tidak bisa dipungkiri banyak kasus diantaranya berakhir pada kematian. Oleh karena itu alangkah lebih baik jika anda mengetahui gejala awal atau ciri-ciri penyakit jantung. Sehingga anda bisa mengantisipasi atau segera mengatasi jika memang terserang penyakit ini. Parahnya penyakit jantung juga dapat memicu penyakit lain. Dan akibatnya adalah terjadi komplikasi yang lebih berbahaya. Orang dengan riwayat keluarga berpenyakit jantung juga beresiko lebih tinggi terjangkit penyakit ini. Lalu apa sajakah ciri-ciri awal penyakit jantung koroner? Bagaimana cara pencegahan dan pengobatannya? Berikut penjelasannya untuk anda.

Ciri-Ciri Penyakit Jantung

Gejala penyakit jantung dapat muncul kapan saja. Dan sebenarnya penyakit ini dapat dicegah sejak dini. Namun tentunya anda perlu memahami dulu apa ciri-cirinya. Bila nanti anda menjumpai salah satu atau lebih tanda tersebut, segeralah berkonsultasi dengan dokter untuk memastikan apakah benar gejala penyakit jantung atau bukan. Tanda paling mudah dijumpai adalah rasa nyeri di dada. Gejala ini memang menjadi tanda awal seseorang mengalami sakit jantung. Namun juga belum bisa dipastikan apakah benar penyumbatan arteri atau gejala penyakit lain. Lebih baik konsultasikan dengan dokter, karena jika dibiarkan akan membuat penderita mati rasa.

Ciri-ciri kedua adalah timbulnya sakit kepala. Gejala ini juga sering diabaikan oleh kebanyakan orang. Karena sakit kepala sangat umum dialami oleh siapapun. Namun tetap ada bedanya antara sakit kepala biasa dengan sakit kepala gejala jantung. Sakit kepala yang diderita oleh pasien jantung muncul ketika penderita tersorot cahaya. Saat anda terkena sorot cahaya, maka jantung akan berdetak lebih cepat. Menurut American Academy of Neurology, sakit kepala yang muncul pada pasien jantung terjadi karena penyimpangan sirkulasi darah. Bagi anda yang sering merasa pusing atau migrain dan mengalami gangguan penglihatan, segera periksakan. Kemungkinan hal tersebut adalah awal mula sakit jantung.

Biasanya penderita penyakit jantung juga akan merasa mudah lelah. Walaupun dia tidak melakukan aktivitas yang terlalu berat. Bahkan rasa lelah muncul ketika anda bangun tidur. Hal ini tentu tidak wajar, karena seharusnya badan anda lebih segar setelah bangun tidur. Ciri lain seseorang menderita penyakit jantung adalah terjadi pembengkakan di beberapa area tubuh. Hal ini muncul karena cairan dalam tubuh terlalu menumpuk. Pembengkakan umum terjadi di pergelangan kaki atau perut. Pembengkakan pada perut ini juga memberikan efek mual dan muntah. Kemudian nafsu makan juga semakin menurun sehingga asupan gizi dalam tubuh semakin berkurang. Namun ciri-ciri ini sudah menjadi gejala yang lebih dalam. Sebaiknya harus segera ditangani.

Selain rasa lelah yang tidak beralasan, para penderita jantung juga sering berkeringat walaupun tidak beraktivitas. Padahal umumnya seseorang berkeringat setelah berolahraga atau terkena sengatan sinar matahari. Penderita sakit jantung juga memberi gejala awal berupa rasa sakit pada bagian tubuh tertentu. Untuk kaum wanita biasanya akan merasakan sakit pada tangan kanan dan lengan kiri. Sedangkan untuk pria hanya merasakan sakit pada lengan kirinya. Namun tidak menutup kemungkinan timbul rasa sakit di bagian tubuh lain seperti siku, punggung, leher, dan bahu. Rasa sakit ini memang akan hilang dengan sendirinya.

Mencegah Dan Mengatasi Penyakit Jantung

Segala jenis penyakit sebenarnya dapat dicegah, termasuk juga penyakit jantung ini. Setelah anda mengetahui ciri awal dan gejala penyakit jantung diharapkan anda lebih berwaspada. Pada dasarnya tidak sulit untuk menjalankan pola hidup sehat, yang terpenting niat memulai dan berkomitmen untuk menjalankannya. Kurangi makanan dengan kandungan lemak jahat yang terlalu tinggi. Tak hanya kolesterol, makanan dengan kadar gula tinggi juga baik dihindari. Gantilah dengan makanan sehat seperti sayur dan buah. Bagi anda yang mempunyai kebiasaan merokok, mulai sekarang coba hentikan kebiasaan buruk tersebut. Merokok adalah salah satu pemicu penyakit jantung koroner.

Disamping menghindari hal-hal buruk tersebut, anda dianjurkan juga menghindari stres. Perasaan cemas berlebihan dapat memicu detak jantung berdetak lebih cepat. Anda bisa melakukan relaksasi agar perasaan lebih tenang dan nyaman. Lanjutkan dengan olahraga secara teratur. Tidak perlu melakukan olahraga berat dalam waktu lama. Lebih baik melakukan olahraga ringan namun teratur setiap hari. Disamping itu atur pola tidur anda. Jangan terlalu banyak begadang jika memang tidak diperlukan.

Jika tips pencegahan diatas dirasa kurang memberikan hasil, maka anda dapat mengkonsumsi ICP Capsule. Obat herbal alami ini mampu mengatasi berbagai keluhan terkait masalah pembuluh darah. ICP Capsule berasal dari ekstrak tumbuhan alami yang teruji klinis dan bersertifikat resmi BPOM dan FDA. Bagi anda yang telah menjumpai gejala awal penyakit jantung, segeralah berkonsultasi dengan dokter untuk pengobatan selanjutnya. Atasi gejala penyakit jantung lebih dini untuk masa depan lebih sehat.