Gejala Penyakit Jantung Pada Wanita Yang Wajib Diketahui

By | March 9, 2018
Gejala Penyakit Jantung Pada Wanita

Gejala penyakit jantung pada wanita dan pria hampir sama. Perlu untuk kita mengetahui seperti apa gejala suatu penyakit, maka akan lebih cepat melakukan tindakan penanganannya. Termasuk juga untuk jantung koroner pada wanita, terdapat sejumlah gejala yang sering terjadi. Ya, pada dasarnya jantung koroner sangat bisa dicegah sebelum menjadi kronis dan bahkan menyebabkan nyawa melayang.

Penyakit Jantung koroner merupakan penyakit jantung yang dapat menyerang siapa saja baik wanita maupun pria. Tidak ada angka pasti jumlah penderita jantung koroner apakah lebih banyak wanita atau pria. Namun, ada hal-hal yang pasti yang bisa diamati dan salah satunya adalah perbedan gejala jantung koronernya. Ya, banyak orang yang tidak tahu gejala jantung koroner pada wanita sedikit berbeda dengan yang dialami oleh pria. Umumnya, banyak orang yang tahu seperti apa gejala umum dari timbulnya penyakit jantung koroner terutama yang dialami oleh kaum pria. Padahal, gejala yang berbeda bisa muncul ketika jantung koroner diderita oleh wanita.

Mengenal Gejala Jantung Koroner Pada Wanita

Gejala Penyakit Jantung Pada Wanita

Untuk para wanita, mengetahui gejala penyakit jantung pada wanita sangatlah penting. Beberapa gejala benar-benar hanya dialami oleh wanita saja sehingga banyak orang yang tidak menyangka bahwa gejala yang muncul merupakan indikasi jantung koroner. Hal ini perlu diwaspadai oleh wanita agar bisa mecegah jantung koroner kronis yang sangat berbahaya. Jika paham betul mengenai penyakit jantung koroner terutama gejala yang terjadi pada wanita, maka siapapun para wanita yang merakaannya bisa segera mengambil tindakan yang pengobatan yang pasti. Untuk membuat Anda lebih paham, di sini telah dirangkum apa saja yang menjadi gejala untuk penyakit jantung koroner yang terjadi pada wanita. Langsung saja, inilah dia penjelasannya untuk Anda:

  • Nyeri diseluruh bagian dada

Nyeri di dada tentu saja merupakan gejala dari sakit jantung yang paling umum terjadi. Baik pria maupun wanita jika menderita sakit jantung maka tentu akan merasakan nyeri atau rasa tak enak pada bagian dada. Namun bedanya, untuk para pria biasanya hanya terasa pada dada sebelah kiri saja. Nyeri yang dirasakan benar-benar berada tepat pada letak jantun berada. Sedangkan untuk para wanita, rasa nyeri yang muncul tidak hanya dibagian kiri namun juga terasa ke bagian kanan. Rasa tak enak yang dialami oleh wanita mirip seperti bagian payudara terasa sesak akibat terikat tali atau kain yang sangat kencang, atau seperti terlilit seluruh bagian dadanya sehingga benar-benar menyiksa.

  • Nyeri merambat ke bagian tubuh lainnya

Jika pria penderita sakit jantung mengalami sakit pada bagian dada kiri dan merambat ke lengkan kiri, maka penderita wanita memiliki gejala yang merambat ke bagian tubuh yang lebih banyak. Rasa nyeri juga terasa dibagian punggung, leher, dan bahkan rahang. Bagi wanita yang merasakan nyeri tidak biasa dibagian yang telah disebutkan tadi, sebaiknya segera pastikan Anda tidak memiliki jantung koroner. Lakukan pengecekan jika gejala semakin terasa sering dan semakin terasa menyiksa. Rasa nyeri ini muncul secara bertahap. Umumnya, rasa nyeri yang merambat dari dada kebagian lainnya ini hanya muncul sesekali. Namun, lama-kelamaan akan semakin sering terasa.

  • Sakit perut melilit

Jika Anda para wanita menderita sakit perut seperti melilit Anda harus waspada karena bisa jadi hal tersebut merupakan gejala sakit jantung. Ya, gejala penyakit jantung pada wanita yang satu ini benar-benar mirip seperti sakit maag atau tukak lambung. Gejala ini pun bahkan dianggap sebagai masalah sepele karena awalnya memang cepat mereda. Namun, jika Anda mulai sering merasakannya maka Anda perlu curiga hal tersebut merupakan gejala sakit jantung pada wanita.

  • Sesak napas, mual, dan diikuti pusing

Gejala lainnya pun mirip seperti sakit maag terutama soal sesak dan mual. Rasa mual yang hebat biasanya hanya dianggap sebagai efek asam lambung naik dan sakit maag biasa. Padahal, jika diikuti sesak untuk bernapas dan juga pusing kepala, maka bisa jadi hal tersebut merupakan tanda bahaya adanya potensi jantung koroner.

  • Kelelahan

Ada lagi gejala jantung koroner pada wanita yang kerap muncul yaitu kondisi tubuh kelelahan hebat tanpa alasan yang jelas. Kelelahan hebat yang dirasakan ini bukanlah kondisi saat melakukan aktivitas berat. Bahkan, banyak kasus terjadi seorang wanita merasakan kelelahan yang sangat hebat walau hanya terduduk diam atau berjalan di dalam rumah. Gejala yang satu ini jarang dialami oleh pria yang mengalami sakit jantung.

  • Berkeringat dingin

Ada pula gejala lainnya yang juga kerap dialami oleh wanita penderita sakit jantung yaitu keringat dingin. Umumnya, keringat dingin dianggap wajar terutama ketika kondisi tubuh sedang tidak sehat. Namun, jika terlalu sering dan mengalaminya secara mendadak maka Anda harus curiga dan waspada karena bisa jadi hal tersebut merupakan gejala atau tanda jantung koroner.

Segera Lakukan Tindakan Jika Mengalami Gejala Jantung Koroner

Sakit jantung koroner sangat bisa menyebabkan kematian. Namun, jika segera melakukan tindakan ketika menemukan gejala penyakit jantung pada wanita maka Anda bisa terselamatkan. Ya, berbagai tidakan bisa dilakukan seperti pengkonsumsian obat, pengaturan pola makan dan asupan makanan yang tepat untuk mengatasi jantung koroner, dan upaya lainnya yang sangat baik untuk membuat jantung sehat. Menariknya, gejala yang muncul untuk jantung koroner yang menyerang pria dan wanita bisa sangat berbeda. Berbagai gejala untuk wanita sangat mirip dengan penyakit biasa sehingga sering membuat wanita tidak sadar sedang menderita penyakit berbahaya. Untuk itulah para wanita harus paham seperti apa saja gejala sakit jantung pada wanita.